Tuesday 2 October 2012

CARA SHARE DATA DARI WINDOWS 7 KE WINDOWS XP DALAM VMware


Bila program yang ingin kita install gak compatible dengan windows 7 kita, maka salah satu solusi yang bisa kita lakukan dengan menginstall OS yang compatible, dalam pembahasan ini adalah Windows XP, dengan menggunakan mesin virtual yaitu VMware, sehingga tidak  perlu menginstal ulang OS yang kita gunakan.  Dalam menggunakan VMware, tentu kita membutuhkan data-data yang mungkin terdapat dalam komputer atau laptop kita. Maka dari itu,dibutuhkan share data dari komputer atau laptop kita (menggunakan OS Windows 7) atau yang disebut dengan komputer host ke OS virtual dalam VMware (Windows XP) yang disebut dengan komputer guest. Beginilah langkah-langkah untuk sharing data :
Sebelum boot windows XP, edit terlebih dahulu settingan VMware.

Maka muncul tampilan seperti ini

Pilih Options, lalu Pilih Shared Folders

Lalu pilih always enabled kemudian klik Add untuk memasukkan folder dari komputer host yang akan dishare. Maka akan muncul wizard seperti ini

Ikuti sesuai dengan wizard -> Next. Maka akan muncul tampilan seperti ini. Pilih folder yang akan dishare, klik Browse, lalu pilih folder. Misal folder yang akan dishare adalah folder gambar dan diberi nama “share gambar”.

Klik OK. Lalu centang Enable this share jika data yang dishare memungkinkan untuk diedit. Jika tidak, maka centang Read only.

Lalu klik Finish. Maka folder yang sudah dipilih tadi akan muncul dalam list Folders.

Langkah selanjutnya adalah menyalakan mesin virtual (Windows XP), cek apakah VMware tools sudah terinstal, jika belum maka instal terlebih dahulu, pilih VM pada  toolbars VMware, lalu pilih Install VMware tools.
Jika sudah terinstal, selanjutnya adalah mengambil data yang sudah dishare pada langkah sebelumnya. Buka My Computer, lalu pilih Tools pada toolbar.
Pilih Map Network Drive, maka akan muncul tampilan seperti ini..

Pilih drive yang belum digunakan dalam Windows XP lalu ambil data yang sudah dishare dengan klik Browse, pilih VMware Shared Folders ->.host-> Shared Folders-> Share gambar, klik OK

Lalu klik Finish
Sekarang cek pada My Computer, dan telah terbentuk drive :Z yang merupakan data yang tadi di share.

Yup itu tadi langkah-langkah sharing data dari windows 7 ke windows XP dalam VMware. Semoga bermanfaat =)

Share:
© SNACK VIDEO HACK All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates