Wednesday, 1 August 2012

Software Penting Yang Wajib Terinstall di Laptop

Saat ini Laptop bukanlah barang yang mewah dan wahhh lagi karena memiliki sebuah laptop adalah sebuah kebutuhan yang manusiawi yang sudah pasti akan memudahkan semua pekerjaan dan menunjang kegiatan belajar kita.


Nah, banyak sekali para pemilik laptop yang masih juga bertanya “Sebaiknya software apa yang harus kita install dan harus ada di laptop itu??”. Ehhmmm….selain software Office dan Multimedia, sebaiknya anda juga perlu menginstall 7 Software yang sangat penting untuk kebutuhan Laptop anda tersebut. Apa sajakah 7 software tersebut? Berikut ini liputan lengkapnya :


1. A.L.A.R.M (A Laptop A/C Removal Monitor)




Sering menggunakan laptop di tempat umum seperti hotspot? Pasangi perangkat Anda dengan aplikasi ini agar lebih aman. Jika adaseseorang yang berusaha mengambil laptop dan mencabut kabel power-nya, maka A.L.A.R.M akan membunyikan suara alarm yang nyaring dari speaker laptop. Ini artinya para sekuriti di sekitar lokasi dan juga Anda dapat langsung bertindak mengamankan.


Suara alarm tersebut akan berhenti jika kabel power dicolokkan kembali atau Anda login kembali ke sistem. Suara alarm dalam bentuk sirene sudah langsung tersedia di aplikasi ini. Aplikasi Open Source untuk Windows XP ke atas ini mendukung multibahasa. Penggunannya pun cukup gampang karena semua serba diset otomatis dan Anda tak perlu banyak mengeset aplikasi ini. Aplikasi ini juga dapat di-upgrade untuk memonitor koneksi kabel lainnya sebagai pemicu alarm seperti kabel jaringan dan USB.


Untuk mulai menggunakan software ini, setelah diinstall langsung jalankan dan terkadang biasanya tampil di tray bar. Klik ganda Alarm ini dan hilangkan tanda centang yang ada di kotak “Only Enable While Workstation……”


Sekarang, coba anda cabut kabel power yang ada di laptop anda??? Maka bunyi Sirine yang Keras akan langsung terdengar ^_^




Tautan




2. AutoSensitivity




Masalah lain yang berhubungan dengan Touchpad adalah sensitivitas. Kadang respon tekanan untuk klik maupun double klik terlalu cepat atau terlalu lambat, termasuk gerakan mouse. Jika mengalami masalah ini, coba gunakan saja software gratis ini. Aplikasi sederhana ini berfungsi untuk mengatur sensitivitas Touchpad dan Mouse. Klik tombol Get Current untuk mendapatkan setting yang digunakan saat ini.


Tetapi seperti sebelumnya, aplikasi ini mungkin tidak berjalan untuk semua hardware. Program ini dapat berjalan di Windows Xp, Vista dan 7 dan memerlukan .NET Framework 3.5 atau 4.0. Ada satu catatan lagi bahwa download link yang disediakan dalam bentuk .application ( 2 KB), setelah download file “.application” ini, klik dua kali untuk download aplikasi sebenarnya secara online (ukuran sekitar 50 KB saja)






3. TouchFreeze atau TouchpadPal



Touchpad di laptop/notebook memang sangat membantu kita bekerja tanpa mouse. Tetapi kadang terjadi hal yang cukup menganggu jika kita sedang mengetik dan touchpad tidak di non aktifkan. Kadang kursor mouse bergeser secara acak karena touchpad tidak sengaja tertekan, sehingga huruf yang kita ketik pindah kemana-mana.


Sebelum menggunakan software ini, periksa apakah laptop yang kita beli sudah menyertakan aplikasi untuk menon-aktifkan Touchpad. Periksa aplikasi Synaptics TouchPad, Synaptics Pointing Device atau sejenisnya. Jika tersedia, gunakan saja aplikasi tersebut. Dan biasanya bisa kita aktifkan/non-aktifkan melalui tombol khusus di keyboard. Jika tidak disertakan aplikasi pengatur TouchPad ini, alternatifnya gunakan TouchFreeze.


Setelah TouchFreeze dijalankan, maka otomatis toucpad akan di non-aktifkan, sehingga mencegah kursor mouse pindah secara acak. Tetapi aplikasi ini tidak berjalan untuk semua hardware, jika di komputer kita tidak berjalan, kemungkinan belum di dukung.


Silahkan Download TouchFreeze Disini : 




Dan Silahkan Download TouchpadPal Disini :





4. Battery Care




Jika kita kurang puas dengan informasi battery yang ditampilkan windows dan ingin informasi lebih detail, Battery Care sepertinya pilihan yang tepat ( untuk Windows XP, vista dan 7).


Selain memberikan informasi berapa persen battery yang terisi, perkiraan waktu penggunaan, Bettery Care juga memberikan informasi detail seperti kapasitas, konsumsi daya, manufaktur dan lainnya. Selain itu ditambahkan informasi suhu processor dan hardisk. Beberapa fitur lainnya seperti otomatis berpindah ke power plan yang diinginkan, mengontrol windows aero dan service yang memakan daya baterai dan lainnya.






5. Aerofoil



Salah satu kendala ketika menggunakan notebook adalah daya tahan baterai yang hanya beberapa jam saja, apalagi jika menggunakan windows vista atau Windows 7 dengan setting Aero Glass diaktifkan, maka penggunaan baterai akan lebih boros. Aerofoil merupakan program gratis dan open source yang cukup bermanfaat dengan masalah tersebut.


Ketika notebook menggunakan baterai, Aerofoil akan otomatis menon-aktifkan beberapa fitur windows yang cukup memakan daya, seperti misalnya Aero Glass. Aplikasi ini tersedia baik untuk 32bit maupun 64bit dan penggunaan memori relatif kecil.








6. Core Temp




Salah satu yang patut diwaspadai ketika menggunakan notebook adalah suhu yang terlalu tinggi yang bisa berefek buruk bagi perangkat didalamnya. Dengan software gratis dan kecil “Core Temp” akan sangat membantu kita memantau suhu dan penggunaan processor. Ketika suhu atau penggunaan senantiasa tinggi, maka perlu di cek ulang (diperiksa) aplikasi yang mungkin memberatkan kinerja cpu.


Setelah di install, aplikasi ini dapat di set agar aktif di system tray dan menampilkan informasi suhu processor, penggunaan cpu baik dalam persen ataupun clock CPU dalam GHz. Dari menu Options, kita bisa mengatur berbagai hal, mulai dari tampilan sampai peringatan jika suhu terlalu tinggi.




*Semoga Bermanfaat ^^
Share:
© ۞ All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates